Rekomendasi 5 Vlog Minimalis Korea, Indonesia & Jepang Favoritku

by - December 29, 2019

Rekomendasi 5 Vlog Minimalis Korea Indonesia Jepang Favoritku

Semakin ke sini, blog rasanya semakin sepi peminat. Banyak orang lebih memilih menonton, dibanding membaca sehingga popularitas Youtube atau Instagram lebih tinggi dibanding blog. Aku sebagai anak pemalu yang enggak pandai bicara, pastinya enggak pernah bercita-cita jadi youtuber. Karena aku selalu berpikir bahwa tampil di depan video menuntut kita untuk berbicara, terlebih saat membuat sebuah video blog (vlog) tentang kehidupan sehari-hari.

Tapi video minimalis yang belakangan populer, mengubah persepsi aku tentang Youtube. Ternyata ada juga video yang enggak mengharuskan kita berbicara dan menatap kamera secara langsung.

Vlog dengan tema ini biasanya menunjukkan kondisi riil saat video diambil. Enggak heran kita bisa mendengan suara-suara ASMR di dalamnya. Para pemilik akun juga biasanya enggak secara langsung menunjukkan suara dan wajah mereka ke arah kamera. Hanya sesekali kita mendengar suara mereka saat mereka sedang berinteraksi dengan orang lain, itupun sedikit samar-samar. Terkadang aku menyebutnya sebagai "vlog tanpa wajah". Hehe.

Vlog dengan tema ini umumnya menggunakan musik latar bertema lo-fi yang sedang naik daun di Spotify. Sehingga efek yang dihasilkan setelah menonton video ini adalah perasaan tenang dan nyaman. Mirip dengan konsep ASMR, ya?

Namun enggak semua vlog dengan tema ini jadi favoritku. Aku punya 5 rekomendasi yang selalu aku tonton:


1. Sueddu
Berasal dari Korea Selatan, Sueddu merupakan kanal Youtube dengan tema minimalis pertama yang aku temukan dan selalu aku tonton hingga sekarang. Sinematografi video-video Sueddu menurutku salah satu yang paling apik diantara kanal lainnya. Suara yang dihasilkan sangat lembut, latar yang digunakan minimalis, rapi, cenderung gelap dan tenang. Aku juga banyak mendapat inspirasi seputar dekorasi ruangan dari video-video Sueddu. Kanal ini memuat rutinitas gaya hidup minimalis dan pengalaman traveling, seorang freelance graphic designer. Sebagai seorang anak rumahan, menonton video Sueddu seperti memberikan inspirasi bahwa berada di rumah bukan berarti enggak produktif dan berantakan.


2. Meaningful Minimal
Saat menonton video-video Sueddu, aku banyak mendapat rekomendasi video dengan tema minimalis, salah satu yang menarik perhatianku adalah kanal Meaningful Minimal. Bangga karena kanal ini berasal dari Indonesia! Seperti namanya, kanal ini menyajikan rutinitas gaya hidup minimalis dan ramah lingkungan. Hampir 95% klip video berada di dalam rumah. Kanal ini juga sering memberikan tips membuat alat-alat ramah lingkungan. Walaupun durasi videonya tergolong singkat, namun aku suka dengan efek menenangkan yang dihasilkan setelah menonton video-video dari Meaningful Minimal.


3. Rhea Y
Urusan gaya hidup minimalis, bukan hal aneh untuk negara Jepang. Salah satu kanal Youtube dari Jepang yang aku suka adalah Rhea Y. Kanal ini dibuat oleh wanita asal Filipina yang tinggal dan bekerja di Jepang. Aku suka kanal video ini karena latar musiknya yang tenang, dan dekorasi rumahnya yang ditata dengan sangat apik bernuansa coklat.


4. Dayhyun
Berbeda dengan Sueddu, kanal Youtube yang juga berasal dari Korea Selatan ini menampilkan rutinitas seorang guru bahasa Inggris. Sinematografi Dayhyun memang enggak seindah Sueddu, namun saat menonton video Dayhyun aku merasa ikut merasakan kesibukan seorang guru di Korea Selatan. Enggak lupa untuk menyebutkan bahwa selera fesyen Dayhyun menurutku sangat keren! Aku banyak mendapat inspirasi fesyen minimalis monokrom dari Dayhyun.


5. Hyonyeo
Kanal Youtube ini juga berasal dari Korea Selatan. Berbeda dengan kanal-kanal yang aku sebutkan sebelumnya, Hyonyeo menampilkan gaya hidup yang lebih feminin, rutinitas seorang desainer interior. Hyonyeo enggak menghadirkan suasana tenang dan nyaman, namun membawa penonton ke suasana rill dengan banyak ASMR di dalamnya (termasuk suara percakapan). Hyonyeo pintar menghadirkan suasana nyaman seperti di kafe ke dalam rumahnya. Dia pintar membuat kopi ala kafe dan menikmati kue-kue cantik di rumah. Karena durasi video Hyenyeon cukup panjang hingga 30 menit, aku biasa menonton videonya sembari melakukan pekerjaan lain.

You May Also Like

6 comments

  1. rasanya bersyukur bisa mampir kemari, jadi dapat inspirasi bikin video mbak, saya nonton video pertama langsung kepikiran mau bikin apa. soalnya punya kamera mirrorless tapi di anggurin, nanti aku bikin juga lah,

    ReplyDelete
  2. aku udah subscribe semuanya mba hehe ketauan kan emang seleranya ya nonton video begini hehe disamping menenangkan juga bisa nambah wawasan memasak karena resep-resep yang mereka tawarkan juga beberapa ngampang diikuti. Aku tambahin yaa mba ada Ondo inisih udah terkenal banget boleh di cek. Dia dari Korea juga dan designnya cantik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah penggemar vlog tanpa wajah juga hehe. siap, aku kemarin udah cek channel-nya ondo tapi belum bener-bener nonton full videonya..

      Delete
  3. Aku juga suka yg begini. Malah aku juga bikin, tapi versi ku di channel youtube hehe. Ondo juga bagus mbk hehe. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  4. Aku pertama kali nonton vlog model gini dari videonya ondo, itupun nggak sengaja nemu. Enaknya nonton video mereka tuh rasanya entah kenapa bikin kalem XD

    ReplyDelete

Thank you ya sudah mampir dan meninggalkan komentar 😍