Pro & Kontra Eyelash Extension (In My Opinion)

Happy Wednesday!
Ooooohhh jadi begini toh rasanya pakai eyelash extension..... Hehehe. Hmmm emang agak telat sih tapi seneng karena bucket list ada yang kelar satu. Awalnya aku maju mundur terus nyobain eyelash extension karena banyak cerita temen-temen yang ngalamin pengalaman nggak enak pas pakai eyelash extension. Apalagi jenis mata aku ini sensitif dan gampang iritasi, kalau udah iritasi, migrain kambuh, terus nggak bisa ngapa-ngapain. Kan rempong ya. Jadi maju mundur deh.

Tapi entah kenapa kemarin kayak yaudah lah cobain aja gitu pas ditawarin coba salah satu eyelash extension. Setelah dipikir-pikir nggak ada salahnya juga cobain sesekali biar nggak penasaran.

begini penampakan eyelash extension di mataku setelah 1 minggu

Alhamdulillah juga eyelash extension pertama yang aku dapet kualitasnya oke dan nggak mengecewakan. Jadi nggak trauma gitu hehe.

Nah, pertanyaannya, mau lagi nggak kalau disuruh pasang untuk kedua kalinya? Hmmm... yuk kita bahas pro dan kontra pemakaian eyelash extension dari sisi pengalaman pribadi aku.

PRO DAN KONTRA MEMAKAI EYELASH EXTENSION

PRO
↪ Yang pastinya bikin mata kelihatan lebih terdefinisi. Kalo foto juga rasanya lebih kece gitu. Kalo bangun tidur rasanya nggak begitu keliatan kucel karena bulu mata udah on point. Istilahnya I woke up like this.
↪ Ternyata di mataku yang super sensi ini, aku nggak ngerasain iritasi mata, lho.
↪ Menghemat waktu makeup sis! Nggak perlu lama-lama pakai bulu mata, eyelash curler dan mascara.
↪ Nggak terasa berat di mata. Nggak kayak kalau lagi pake bulu mata palsu tuh.
↪ Eyelash extension nggak bikin bulu mata botak, kok! Serius!

KONTRA
↪ Nggak bisa dipungkiri, eyelash extension ini nggak murah, terlebih kalau kita mau dapat yang kualitasnya bagus. Ada sih yang murah dan bagus, tapi harus coba-coba dulu sampai nemu yang oke. Malah ada juga tempat yang harganya standar tapi kualitasnya jelek banget.
↪ Nggak bisa kucek-kucek mata. Kalau matanya gatel cuma bisa ditarik bagian sampingnya aja. Terus aku mikirnya kalo matanya ditarik terus-terusan bisa-bisa kena premature aging di bagian mata, nih.
↪ Jujur aja selama pakai eyelash extension aku nggak berani pakai eyeshadow karena takut bersihinnya kurang bener dan eyeshadownya jadi nempel terus di eyelash extension dan mengakibatkan tumbuhnya bakteri. Ada sih salon eyelash extension yang menyediakan jasa membersihkan eyelash extension, tapi mahal ye kan.
↪ Mesti rajin-rajin cek kondisi eyelash extension apakah berantakan dan nyangkut-nyangkut. Karena kalau ada 1 eyelash yang jungkir balik posisinya, bakalan kerasa nggak yaman di mata dan bikin mata iritasi. Nah yang jungkir balik itu mending dicabut aja.
↪ Ada fase di mana eyelash extension jumlahnya udah nggak seimbang antara kanan dan kiri. Nah kalo udah kayak gini pilihannya cuma dua: retouch, atau copot sekalian. Di salon eyelash extension menyediakan jasa copot eyelash extension, tapi lagi-lagi harganya lumayan.
↪ Walaupun nggak bikin botak, pemakaian eyelash extension memang bikin bulu mata lebih tipis untuk sementara. Karena pas bulu mata extension copot, kadang ada 1 helai bulu mata asli kita yang ikutan copot. Nah kalau udah kayak gini butuh after treatment yaitu pakai serum bulu mata biar bulu mata asli kita lebih sehat dan mempercepat proses tumbuhnya bulu mata baru.

kalau di foto ini eyelash extension-nya udah mau jalan 2 minggu
masih cucmey, ya?

Lumayan banyak nih pro dan kontra-nya. Kalau aku sih, sebenernya mau aja pakai eyelash extension untuk kedua kalinya, tapiiiiiii mungkin untuk occasional event aja. Misalkan mau liburan seminggu terus pengen kelihatan cetar, okelah pakai si eyelash extension. Tapi kalau untuk sehari-hari...... hmmm... nggak deh. Karena nggak bisa ngucek mata selama kurleb 4 minggu tuh lumayan menyiksa. Lagipula kata mba eyelash technician, pemakaian eyelash extension itu kayak memakai kutek kuku, harus dijeda biar bulu mata istirahat. Jangan udah rontok dikit langsung retouch.

EYELASH EXTENSION HALAL ATAU ENGGAK?

Btw, pas aku pakai eyelash extension, aku dapet beberapa pertanyaan dari temen-temen soal eyelash extension ini.. jadi aku jawab di sini juga aja yah biar bisa jadi referensi:
Eyelash extension halal atau enggak?
Jujur aja aku nggak kompeten jawab ini. Tapi kalau aku pikir, eyelash extension ini nggak menutup bagian kulit mata, dan bahan eyelash yang aku pakai juga sintetis, jadi kalau aku sih menganggapnya halal aja. Tapi ada juga yang bilang menambah/mengubah bagian tubuh itu haram, nah jadi masih Allahualam nih pendapatku.

CARA MENCOPOT EYELASH EXTENSION

Oh iya, tadi di bagian kontra aku sempet bilang kalau di minggu ke-3/ke-4, akan datang fase di mana penampakan eyelash extension udah compang-camping nggak rata. Nah, kalau udah kayak gitu kan nggak bagus ya kelihatannya. Kalau aku kemarin akhirnya eyelash extesion aku copotin sendiri satu-persatu.

Emang bisa cabut eyelash extension sendiri? Bisa bangeeeet. Jadi kita kayak memisahkan eyelash extension dengan bulu mata asli kita. Nggak sakit sama sekali. Tapi dengan catatan hal ini dilakukan pas eyelash extension menginjak minggu ke-3 atau ke-4, di mana lemnya udah nggak sekuat pas pertama kali pasang.

kondisi eyelash extension setelah 2 minggu lebih 1 hari. 
udah mulai keliatan botak dikit

Kurang lebih begitu pengalaman aku pakai eyelash extension. Semoga bisa membantu atau menambah ilmu untuk para pembaca. Haha.

See you on my next post!

Equipment info:
Camera:
↪ Sony A5000 with Sony Lens 35mm f1.8
↪ Fujifilm XA-2
↪ iPhone 6
Software:
↪ Edited on iOs Image Preview on Macbook
***

Meet me in social media :)

Comments

  1. Baru pake 3minggu aku rontokin sendiri akhirnya karena kesel susah cuci mukanya yaampun ndesonya 😂

    ReplyDelete
  2. Aku sebenarnya tipe yang bulumatanya tipis banget, pakai maskara pun ngak ngaruh kecuali pakai fake lashes. Tapi, aku belum ada niat untuk extension karena takut bulu mata aslinya rontok semua. Tapi memang lihat hasil di beberapa temen bagus ya.

    ReplyDelete

Post a Comment