Kawat Gigi (bagian 3) : Ada Pegas di Gigiku!

Hi happy 2nd day of February~ ^^ Cepet banget udah bulan februari ajaaa dan saatnya cek kawat gigi bulanan lagi. Kalau kamu sebelumnya udah ngikutin postingan seri tentang Kawat Gigi aku, for your information, gigiku belum juga di operasi huuuuuufffftttttt. Lho kenapa? Ceritanya puanjaaaaaaang. 

Jadi gini  :
- Aku kemarin bilang kalau rencana operasi di RSGM TNI AU Halim dilakukan awal tahun karena dokternya banyak yang udah cuti akhir tahun.
- Setelah awal tahun aku datang lagi ke RSGM TNI AU Halim dan dokternya periksa gigi aku dan setuju untuk melakukan tindakan operasi.
- Tapi karena tindakan yang harus dilakukan banyak, jadi aku harus dibius umum alias bius total.
- Bius umum memerlukan diagnosa-diagnosa pra operasi seperti cek gula darah, bertemu dokter spesialis penyakit dalam, rontgen paru-paru, bla bla bla (banyak banget!).
- Karena di RSGM TNI AU Halim tidak ada fasilitas untuk diagnosa pra operasi bius umum, jadi aku dikasih rujukan balik ke faskes 1 untuk minta dilakukan diagnosa.
- Nanti setelah diagnosa lengkap aku balik lagi ke RSGM TNI AU untuk dilihat hasilnya. Kalau oke tinggal atur jadwal fix dengan dokternya kapan akan dilakukan tindakan.
- Kemudian berbekal rujukan balik dari RSGM TNI AU, aku kembali ke faskes 1 dan minta rujukan ke rumah sakit yang ada dokter spesialis penyakit dalam dan fasilitasnya lengkap untuk diagnosa pra operasi. Aku dirujuk ke RS Islam Pondok Kopi.
- Pas di RS Islam Pondok Kopi, ternyata pihak BPJS menerangkan kalau aku gak bisa melakukan tes-tes diagnosa pra operasi dan tindakan operasi di dua rumah sakit yang berbeda. Dan kebetulan di RS Islam Pondok Kopi gak bisa melakukan tindakan operasi gigi aku karena layanannya gak ada.
- Akhirnya aku disuruh balik lagi ke Faskes 1 untuk dirujuk ke rumah sakit lain yang bisa diagnosa pra operasi dan sekaligus operasinya. Huffffffftttt. Bulak-balik tanpa hasil mau nangisss.
- Sekarang aku masih nunggu untuk balik ke faskes satu karena dokter giginya udah penuh sampai tgl 2 februari.
- Kalau bisa pilih rumah sakit aku berencana ke RS Persahabatan Rawamangun.
- Semoga setelah dapat rujukan baru dari faskes 1 aku bisa langsung tes-tes pra operasi dan dilakukan tindakan.

Semoga cepet kelaaarrrrrrr ya Tuhan.... :')

Jadi intinya, aku cukup 'muter-muter' demi memakai layanan BPJS Kesehatan. Kenapa gak tes pra operasi bla-bla-bla dengan biaya sendiri? Karena aku masih penasaran gimana akhirnya apa aku beneran bisa memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan ini dengan maksimal. Bulak-balik rumah sakit gini sebenernya nyita waktu dan tenaga banget (juga materi kalau mau jujur). Dan ini udah hampir 3 bulan aku ngurus kaya gini dan belum ada tindakan apa-apa. Alhamdulillah penyakitku ini bukan yang darurat. Tapi kasihan gimana kalau orang yang butuh cepat-cepat diambil tindakan tapi malah harus ribet urus ini-itu. >.<

Yah gimanapun, aku harus tetep cek bulanan kawat gigiku. Dan karena belum operasi gigi bawahku masih belum bisa dipasang kawat hehe. Jadi sekarang masih reposisi gigi bagian atas lagi. And surprisingly, gigi bagian atas dipakein semacam pegas (atau per) gitu! Dikasih pegasnya dibagian depan gigi ginsulku sebelah kiri yang hampir ketutupan >.<. Aku lupa nanya gunanya buat apa tapi kayaknya mencegah gigi ginsul sebelah kiri itu makin ketutupan karena gigi lain yang geser biar gigi ginsul sebelah kanan bisa maju dan sejajar sama gigi lain. Aneh sih dan lumayan sakit kalo lidah nyangkut di pegasnya lol. Anyway ginsul sebelah kanan udah rata lho sama gigi yang lain hihi seneng banget! :D


Oh iya warna untuk bulan ini itu biru! Hehe tadinya mau biru dongker tapi kenapa pas selesai jadi biru langit yaaaaaaaa mungkin salah ambil waktu itu. Atau kesaru warna ruangan dokternya yang agak gelap. Tapi bulan depan mau biru dongker :D.


Comments